Presiden: Adili Siapapun yang Terlibat Pembalakan Liar

Jumat, 25 April 2008 | 12:50 WIB

BATULICIN, JUMAT – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta aparat penegak hukum untuk mengambil tindakan tegas terhadap siapapun yang terlibat dalam kejahatan pembalakan liar (illegal logging). Kejahatan ini sudah tidak bisa ditoleransi lagi karena membuat kehancuran hutan dan lingkungan semakin parah.

“Saya minta kita mulai sekarang untuk mencegah dan tidak lagi melakukan illegal logging. Siapapun yang terlibat kejahatan ini harus diadili,” tegas Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada peringatan hari Otonomi Daerah XII di Batulicin. Kabupaten Tanahbumbu, Kalimantan Selatan, Jumat (25/5).

Presiden Susilo mengatakan, kejahatan ini juga menyebabkan bangsa Indonesia dirugikan karena mengakibatkan terjadinya banjir, longsor, kekeringan dan bencana lainnya. Sementara uang dari bisnis kejahatan ini banyak lari keluar negeri. Negara lain justru diuntungkan dari penyelundupan kayu illegal logging dari Indonesia. “Sementara bangsa kita hanya bisa gigit jari,” ungkapnya.

Menyangkut soal sebagian warga yang bergantung hidupnya dari usaha kayu ilegal, Presiden Yudhoyono menyatakan, para bupati, gubernur dan pemerintah pusat untuk mendorong mereka beralih pekerjaan lain. “Dengan cara ini, selain hutan dan lingkungan terselamatkan, warga juga tidak kehilangan pekerjaan,” ujar Presiden.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s