Lima Tersangka Pembalakan Liar Kalimantan Barat dilimpahkan

Lima Tersangka Pembalakan Liar Kalimantan Barat dilimpahkan
Jum’at, 21 September 2007 | 11:23 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta:Markas Besar Kepolisian RI menyerahkan berkas dan lima tersangka kasus pembalakan liar di Kalimantan Barat. Mereka diancam hukuman 10 tahun penjara dan denda Rp 10 miliar.

“Hari ini secara resmi kasus pembalakan liar di Kalimantan Barat akan kami serahkan ke Kejaksaan Agung,” kata Direktur Tindak Pidana Tertentu Brigadir Jenderal Polisi Hadiatmoko di Markas Besar Kepolisian, Jumat (21/9).

Dua dari lima tersangka itu merupakan warga negara Malaysia, yakni Tin Huong Yii alias Dennis dan Ling Hua Tung. Dua tersangka lain merupakan warga negara Taiwan, yakni Huang Yuan Li alias Mr. Wong dan Hsieh Cheng I. Mereka adalah manajer PT BAWI di Kucing, Malaysia.

“Satu orang lagi merupakan warga negara Indonesia yakni Chen Khin Khoi alias Toni,” katanya.

Para tersangka itu telah ditahan selama 119 hari dari masa penahanan maksimal 120 hari. Lewat suratnya ke Kepolisian kemarin (20/9), Kejaksaan menyatakan berkas para tersangka sudah lengkap.

Hadiatmoko mengatakan para tersangka dijerat pasal 50 ayat (3) junto pasal 78 ayat (5) dan (7) Undang-undang No. 41 tahun 1999 tentang kehutanan. Mereka diancama hukuman 10 tahun penjara dan denda Rp 10 miliar.

“Mereka punya pabri ktapi tidak punya lahan,” kata dia.

Polisi pun telah melelang barang bukti kayu dengan total Rp 5,98 miliar.

Dari Kejaksaan Agung mereka akan dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Pontianak, Kalimantan Barat. Hadiatmoko optimistis para tersangka tidak akan bebas di pengadilan,seperti yang kerap terjadi pada para tersangka kasus pembalakan liar. “Vonisnya berat, ancaman 10 tahun masak bebas,” katanya. Desy Pakpahan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s