Menhut Serukan Internasional Boikot Produk Kayu Malaysia

Kamis, 03 April 2008 23:48 WIB

Menhut Serukan Internasional Boikot Produk Kayu Malaysia

Reporter : Shanty

<!–

(ivan / MI) JAKARTA – MI : –>KETAPANG–MI: Menteri Kehutanan MS Kaban akan mengajukan protes kepada Malaysia karena menampung kayu-kayu ilegal dari Indonesia.

“Kita juga akan menginformasikan hal ini ke dunia internasional dan juga meminta agar internasional memboikot kayu-kayu dari Malaysia, yang diambil secara ilegal dari Indonesia,” ujar MS Kaban seusai meninjau kayu ilegal di Ketapang, Kalimantan Barat bersama Kapolri Jenderal Sutanto, Kamis (3/4).

Menurut MS Kaban, dunia internasional harus memberi hukuman bagi negara-negara yang menampung kayu-kayu ilegal dari Indonesia. “Ini merupakan komitmen kita dengan negara-negara lain untuk memerangi illegal logging,” ujar Kaban.

Dikatakan kaban, kayu-kayu yang diproduksi Malaysia, sudah jelas berasal dari Indonesia. Bahkan, kalau ada sanggahan, Dephut siap melakukan tes pada kayu, sehingga akan ketahuan dari mana asal kayu yang diekspor Malaysia. Pakah kayu dari hutan Malaysia atau hutan Indonesia.

Menurut Menhut, pihaknya dan Kapolri sudah sepakat bahwa para pelaku utama penyelundupan akan dipidanakan. Pelaku utama, kata Kaban, yaitu yang selama ini sudah punya nama dan terkenal, yakni Gok Asong yang dikenal juga bernama Asong dan Awung atau Aun atau Yulianto, diharap menyerahkan diri.

“Karena tidak mungkin mereka bisa lolos. Kalau mereka melarikan diri ke Malaysia, saya akan meminta agar mereka dicekal. Atau, paspornya dimatikan dan tidak mendapatkan pelayanan lagi,” ujar Menhut.

Soal adanya keterlibatan pegawai Dishut Ketapang, Menhut menyatakan bahwa jika ada anggotanya yang melakukan kesalahan dan melakukan tindak pidana, dia harus menerima konsekuensi tindakannya sesuai hukum yang berlaku. Sedangkan soal tugas anggota yang terlibat, dia akan dicopot dan diberhentikan dari jabatannya atau dari Dishut.

Menhut menyatakan, illegal logging itu tidak boleh terjadi lagi karena akan menguntung negara lain dan merugikan Indonesia. “Kita harus bersama-sama membasmi penyelundupan kayu ini,” ujar Kaban. (San/OL-03)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s