‘Tabur Bunga’ Senilai Rp120 Juta per Kapal

Kamis, 03 April 2008 00:05 WIB

‘Tabur Bunga’ Senilai Rp120 Juta per Kapal

Reporter : Shanty

KETAPANG–MI: Keberhasilan Bareskrim Polri menangkap 21 kapal bermuatan kayu ilegal, patut menui pujian. Namun, keberhasilan itu juga menjadi ujian bagi petinggi polisi, beranikah memberangus anggota yang sudah ‘bersehati’ dengan pemangsa hutan di Tanah Air?

Dari data yang dikumpulkan Media Indonesia, ada 18 pos yang dilalui kapal-kapal dari Ketapang, Kalimantan Barat menuju Serawak. Kapal milik tersangka Aseng Bun Bun (hingga kini masih buron), yang sudah 25 tahun menjarah hutan itu, misalnya. Tidak sekalipun pernah tersentuh hukum.

“Polisi di sini, paling-paling hanya menangkap kapal kelotok saja. Mana pernah menangkap kapal besar yang melintas di depan mata,” kata warga Ketapang.

Kapal-kapal yang melintas di pos polisi itu adalah kapal besar yang sedikitnya berkapasitas 500 ton. Panjang sekitar 25 meter-40 meter. Dan bisa mengisi lebih dari 1.000 meter kubik.

Atas penangkapan ke 21 kapal kayu yang ditangkap sejak 18 Maret 2008 oleh Bareskrim Polri, mendapat sambutan antusias dari warga setempat.

Dari data yang diperoleh Media Indonesia, sedikitnya dilakukan uang suap bagi para oknum polisi di Ketapang dan sekitarnya atau istilahnya ‘tabur bunga’ sebesar Rp120 juta per kapal yang melintas di 18 pos itu. Kalau sehari ada 30 kapal berarti ada Rp3,6 miliar per hari. Cukup besar jumlahnya jika dalam hitungan bulan.(San/OL-03)

<!–

(ivan / MI) JAKARTA – MI : –>

One response to “‘Tabur Bunga’ Senilai Rp120 Juta per Kapal

  1. agung nugroho,se

    tolong rekan2 ilw kasih info kalo ada kpl yg memuat kayu illegal logging yg masuk ke wilayah juwana,pati jateng.ni no telp ku 0295472297 dr polair pati.mari kita berantas illegal logging,tetap semangat ILW

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s